BERITABETA.COM, Bula — Sebanyak 13 inovasi baru yang digagas peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator angkatan V tahun 2022 secara resmi dilaunching oleh Wakil Bupati [Wabup] Kabupaten Seram Bagian Timur [SBT] Idris Rumalutur di Gedung Serbaguna Dinas Kesehatan SBT, Rabu malam (14/12/2022).

Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas dalam sambutannya yang dibacakan Wabup SBT Idris Rumalutur mengungkapkan, saat ini inovasi pelayanan publik menjadi satu trend baru bagi seluruh elemen pemerintah Indonesia yang digalakkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi [KemenPan-RB].

Keliobas berujar, sejalan dengan itu, amanat Presiden Republik Indonesia untuk mendorong percepatan pelayanan publik di Era digital ini, sudah sepatutnya bahwa inovasi pelayanan publik harus terus berkembang mengikuti perkembangan zaman.

"Kita dituntut untuk terus malakukan pelayanan publik dengan memeras gagasan atau ide-ide alternatif layanan yang mudah, aman dan cepat bagi masyarakat," ungkap Abdul Mukti Keliobas.

Mukti mengaku, sangat tepat jika dilingkungan Pemerintah Kabupaten [Pemkab] SBT dilakukan akselerasi peningkatan kualitas pelayanan publik melalui inovasi.

Apalagi kata dia, saat ini kita memasuki era revolusi industri 4.0, dimana pelaksanaan pelayanan publik dituntut untuk menciptakan terobosan-terobosan baru yang mampu menyederhanakan dan mempermudah akses masyarakat terhadap pelayanan publik.

"Untuk itu, tepat kiranya jika dilingkungan pemerintahan Kabupaten Seram Bagian Timur dilakukan akselerasi peningkatan kualitas pelayanan publik melalui inovasi," akuinya.

Pada kesempatan tersebut, dia menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada 13 orang peserta kepemimpinan administrator angkatan V tahun 2022.

Menurutnya, dengan aksi perubahan atau inovasi mereka ini benar-benar dapat membuat atau menciptakan perubahan pada sistim pelayanan publik, bukan hanya sebagai semboyan tapi harus sebagai aksi nyata.

"Atas nama Pemkab SBT, saya mengucapkan terimakasih sekaligus menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada 13 orang peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan 5 Tahun 2022," ucapnya.

Dia juga mengajak semua jajaran Organisasi Perangkat Daerah [OPD] serta seluruh stakeholder hingga pelayanan di tingkat desa untuk turut menciptakan suatu inovasi yang dapat membuat masyarakat merasa nyaman dan aman.

Mukti berharap, inovasi ini dapat senantiasa terlaksana dengan baik, dilayani oleh petugas yang profesional dan kompeten, serta bertahan melayani masyarakat dengan prima secara berkesinambungan.

"Melalui momentum ini, saya mengajak semua Jajaran OPD, serta seluruh stakeholder hingga pelayanan di tingkat desa untuk turut menciptakan suatu inovasi yang dapat membuat masyarakat merasa nyaman dan aman," ajaknya penuh harap. (*)

Pewarta : Azis Zubaedi