BERITABETA.COM, Bula — Pemerintah Kabupaten [Pemkab] Seram Bagian Timur [SBT] kembali mengusung satu inovasi baru melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik [Kesbangpol] setempat.

Inovasi yang diusung tersebut yakni Sistem Informasi dan Pelaporan Kampung Damai [Simpelkada] yang merupakan gagasan Kepala Badan [Kaban] Kesbangpol SBT Murad Wokas.

Sekretaris Daerah [Sekda] SBT Jafar Kwairumaratu dalam sambutannya pada kegiatan Focus Group Discussion [FGD] Simpelkada yang digelar di Hotel Mutiara Kota Bula, Rabu (23/11/2022) mengaku sangat mengapresiasi gagasan Murad Wokas.

Jafar meminta agar gagasan ini dapat digunakan sebagai program inovasi Kesbangpol kedepannya, sehingga komitmen Pemkab SBT dengan One Organisasi Perangkat Daerah [OPD] One Inovasi dapat terwujud.

"Atas nama Pemerintah Daerah [Pemda] SBT, sekali lagi saya meyambut baik dan berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada saudara Murad Wokas sebagai penggagas," ucap Jafar Kwairumaratu.

Ia menerangkan, perkembangan sistem informasi di SBT saat ini sangat cepat dan tepat, sebab tidak sedikit yang menggunakan sistem informasi untuk membantu kemudahan dalam bekerja.

Menurutnya, salah satu bentuk sistem informasi yang mudah dikembangkan yakni berbasis web. Dimana, sistem informasi berbasis web tidak hanya digunakan untuk menampilkan informasi, namun dapat digunakan untuk berdialog dengan data, sehingga dapat memberikan informasi untuk mengambil sebuah keputusan.

"Saya berpesan kepada Aparatur Sipil Negara [ASN] dalam hal ini pimpinan OPD harus senantiasa mengembangkan inovasinya, baik dibidang tata kelola pemerintahan, pelayanan publik maupun inovasi dalam bentuk lainnya," pintanya.

Secara terpisah, Kaban Kesbangpol SBT Murad Wokas mengungkapkan, inovasi yang diusung pihaknya ini sebagai jawaban atas intruksi Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas tentang One OPD One Inovasi.

Murad membeberkan, OPD yang dipimpinnya itu memiliki sejumlah inovasi yang telah disiapkan, namun inovasi Simpelkada ini menjadi inovasi pertama yang diperkenalkan di publik.

"Kami sebenarnya sudah memiliki beberapa inovasi, tapi yang kami munculkan pada tahap pertama ini adalah satu inovasi terkait dengan Simpelkada," ungkap Murad Wokas. (*)

Pewarta : Azis Zubaedi