BERITABETA.COM, Bula — Sebanyak 70 personil Kepolisian Resor [Polres] Seram Bagian Timur [SBT] siap mengamankan pelaksanaan Pemilihan Kepala [Pilkades] setentak yang dijadwalkan pada 26 November 2022.

Kapolres SBT AKBP Agus Joko Nugroho dalam arahannya mengingatkan Tim Perwira Pengamat Wilayah [Pamatwil], Perwira Pengendali Lapangan [Padal] maupun yang melaksanakan Pengamanan Tempat Pemungutan Suara [PAM TPS] dan pengawalan logistik Pilkades agar mempersiapkan diri dan perlengkapan yang akan dibawa.

"Kepada Pamatwil, Padal maupun yang melaksanakan PAM TPS dan juga pengawalan logistik Pilkades agar mempersiapkan diri dan perlengkapan yang akan dibawa," ucap AKBP Agus Joko Nugroho saat memimpin apel gelar pasukan di lapangan apel Polres SBT, Rabu pagi (23/11/2022).

Agus berujar, tujuan utama yang harus dilakukan oleh personil yang akan bergeser ke lokasi pengamanan yang sudah dibagi yakni menciptakan situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat [Kamtibmas] yang aman dan kondusif.

Dia meminta untuk dilakukan pemetaan situasi lingkungan setempat sesuai dengan kerawanan yang sudah diprediksikan oleh Satuan Intelijen Keamanan [Sat Intelkam].

"Berikan himbauan kepada masyarakat terkait aturan yang ada didalam buku panduan yang sudah disusun oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa [PMD] sesuai dengan aturan yang berlaku," pintanya.

Ia menambahkan, dalam menjaga situasi Kamtibmas perlu melakukan penggalangan terhadap tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan agama di lingkungan tersebut.

"Mengajak masyarakat bersama-sama dengan kita dan unsur pengamanan lainya baik itu dari TNI maupun dari Linmas untuk bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas tetap kondusif," tambahnya.

Secara terpisah, Paur Hubungan Masyarakat [Humas] Polres SBT Suwardin Sobo membeberkan, 70 personil yang dikerahkan ini akan melakukan pengamanan pada 35 TPS yang akan menggelar Pilkades serentak.

"Total personil yang diturunkan sebanyak 70 orang, jumlah TPS yang diamankan berjumlah 35," beber Suwardin Sobo. (*)

Pewarta : Azis Zubaedi