BERITABETA.COM, Ambon – Bupati Maluku Tengah (Malteng) Tuasikal Abua, SH, resmi melantik  M. Daud Sangadji, SE sebagai Kepala Pemerintah / Raja Negeri Rohmoni, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah, Senin (4/11/2019).

Pelantikan M. Daud Sangadji berlangsung di Baileo Ashari Negeri Rohomoni.   Kegiatan pelantikan digelar berdasarkan Surat Keputusan Bupati Maluku Tengah Nomor 141 – 711 Tahun 2019 Tentang Pengesahan Kepala Pemerintah Negeri Rohomoni, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah.

M. Daud Sagadji yang juga Ketua Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Maluku ini, dilantik dan diambil sumpahnya, sesuai dengan Keputusan Saniri Negeri Rohomoni Nomor 141 / 05 / SNR / X / 2109 tanggal 31 Oktober 2019 tentang Penetapan Kepala Pemerintah Negeri Rohomoni.

Proses pelantikan juga dijalankan berdasarkan amanat yang tertuang dalam  Pasal 38 ayat (1) Perda Kabupaten Malteng Nomor 03 Tahun 2006 tentang Tata Cara Pencalonan, Pemilihan dan Pelantikan Kepada Pemerintah Negeri.

M. Daud Sangadji saat menuju Baileo Negeri Rohomoni untuk dilantik sebagai Kepala Pemerintahan/Raja Negeri Rohomoni

Bupati Malteng Tuasikal Abua dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya prosesi pelantikan Raja Negeri Rohomoni yang dipercayakan kepada M. Daud Sagandji.

“Puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, karena atas karunia yang diberikan Allah kita masih diberi kesempatan, kekuatan dan kesehatan untuk menghadiri acara pelantikan pengambilan sumpah jabatan yang diamanatkan kepada saudara M. Daud Sagadji.  Prosesi ini  telah berlangsung dengan tertib, lancar dan sukses,” ungkap Tuasikal.

Bupati Tuasikal mengatakan, atas nama pemerintah daerah pihaknya menyambut baik terlaksananya pelantikan ini.  Proses yang telah dilaksanakan merupakan manifestasi dari tata kelola pemerintahan,  khususnya Pemerintah Negeri Rohomoni dan pada umumnya Kabupaten Maluku Tengah.

“Prosesi hari ini sekaligus mengukuhkan eksistensi Negeri Rohomoni sebagai salah satu Negeri Adat di Kabupaten Maluku Tengah,” tandas Tuasikal.

Bupati  juga menegaskan, setelah dengan resmi digelarnya proses pelantikan Kepala Pemerintahan Negeri Rohomoni hari ini, maka semua permasalahan yang menyangkut dengan Pemerintahan di Negeri Rohomoni, sudah selesai.

“Artinya semua proses pelantikan ini sudah sesuai dengan mekanisme yang berlaku,” jelasnya.

Untuk itu, Tuasikal berharap, dengan terpilihnya M.  Daud Sangadji selaku Kepala Pemerintahan di Negeri Rohomoni,  maka semua proses pemerintahan  dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya.  Terutama, dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat negeri, sehingga kebutuhan masyarakat dapat diselesaikan dengan baik.

Prosesi pelantikan M. Daud Sagadji berlangsung dengan hikmat. Setelah Negeri berjuluk Mandalise Haitapessy ini mengalami kekosongan kepala pemerintahan/raja selama dua tahun. Prosesi pengkuhan dan pelantikan juga  disertai dengan rangkaian upacara pengukuhan secara adat oleh tokoh-tokoh adat di Negeri Rohomoni.

Dari pantauan media ini, ikut hadir dalam acara pelantikan sejumlah tamu dan undangan yang terdiri dari, Muspika Pulau Haruku, ratusan  tokoh adat, Raja Negeri Tuhaha (Sasabone), Kecamatan Saparua Timur sebagai pela dari Negeri Rohomoni.

Sementara sejumlah pejabat di lingkup Pemkab Malteng juga ikut hadir mendapingi  Bupati Malteng antaranya,  Ketua DPRD Maluku Tengah, Fatsa  Tuankotta, ST, Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku  Aziz Sangkala, Sekda Malteng Dr. Rakieb Sahubawa, SPi. M.Si, Kepala Dinas BPM Kabupaten Malteng Drs. M. Namakule, Kadis Pariwisata Kabupaten Malteng Frangky Watimene, MSi dan sejumlah pimpinan OPD di lingkup Pemkab Malteng. (BB-DIO)