BERITABETA.COM, Masohi -  Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah resmi memberikan rekomendasi kepada pasangan Zulkarnain Awat Amir (ZAA) dan Mario Lawalata sebagai bakal calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati Malteng periode 2024 – 2029.

Menyikapi keputusan PKS ini, Ketua DPD PKS Maluku Tengah, Arman Mualo menyampaikan alasan partainya memberikan rekomendasi kepada kedua tokoh muda tersebut.

Arman menjelaskan, pemberian rekomendasi ini didasari dengan adanya trend positif dari hasil survei dari beberapa lembaga survei yang menjadi pertimbangan PKS.

“Memang hasil survei selalu berubah sesuai dengan waktu pelaksanaannya, namun pada hasil survei terakhir, sosok dari Zulkarnain Awat Amir ini mengalami trend positif, dari sejumlah nama yang disurvei,” kata politisi PKS Malteng ini via telepon selulernya kepada beritabeta.com, Sabtu (3/8/2024).

Mualo merunut, pada hasil survei di bulan Mei 2024, ZAA atau lebih akrab disapa Bang Ozan, masih memiliki hasil survei rendah.

Hal ini terjadi, karena waktu pelaksanaan survei tersebut dilakukan pasca Pemilu Legislatif  2024, sehingga angka survei yang tinggi masih berada di beberapa bakal calon bupati yang notaben adalah kontestan Pemilu 2024.

“Setelah kandidat-kandidat termasuk Zulkarnain Awat ini melakukan konsolidasi yang cukup masif termasuk penyebaran baliho dan sosialisasi kita pantau dan akhirnya survei Zukarnain juga naik,”ungkap Ketua Komisi IV DPRD Malteng ini.

Dikatakan, PKS mempunyai referensi beberapa lembaga survey,  dimana hasil survei terbaru Zulkarnain Awat Amir berada di posisi kedua.  Bahkan pada hasil survei terakhir di tanggl 29 Juli 2024 Zukarnain berada di posisi pertama.