BERITABETA.COM, Bula — Pekerjaan jembatan darurat Wai Kemar, Desa Salagur Kota, Kecamatan Siritaun Wida Timur di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) hampir tuntas.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 2.6 Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Provinsi Maluku, Elsina Malindir mengungkapkan, saat ini sudah dilakukan pemasangan rangka bailey pada jembatan darurat tersebut.

Elsina mengaku, setelah dilakukan pemasangan rangka bailey, pihak penyedia akan melanjutkan dengan penimbunan material pada bagian oprit jembatan.

"Sudah pemasangan Bailey, tinggal pekerjaan timbunan untuk oprit," ungkap Elsina Malindir saat dihubungi beritabeta.com dari Kota Bula, Jumat (5/7/2024).

Dia membeberkan, pekerjaan jembatan darurat yang dimulai dengan proses penggalian sungai dan pemasangan bronjong pada awal Juni 2024 itu terkendala cuaca ekstrem berupa hujan dan banjir yang terjadi di wilayah itu.

Untuk itu, dia meminta kepada masyarakat, terutama para pengguna jalan di ruas jalan Bula-Masiwang-Airnanang itu agar tetap bersabar sambil menunggu proses pekerjaan yang sementara berjalan.

"Mohon kepada masyarakat untuk tetap bersabar karena kondisi cuaca ekstrem di daerah Maluku, khususnya di SBT. Langkah-langkah penanganan yang kami lakukan dari pihak BPJN Maluku adalah pembuatan jembatan sementara (bailey) dan penanganan sementara jembatan kayu yang kondisinya sudah rusak demi kelancaran dan konektivitas akses jalan agar masyarakat bisa melintas pada ruas jalan tersebut," bebernya.

Sebelumnya, PPK 2.6 BPJN Provinsi Maluku, Elsina Malindir saat dikonfirmasi secara terpisah mengungkapkan, saat ini BPJN Maluku mulai melakukan penanganan terhadap kerusakan jembatan darurat Wai Kemar, Desa Salagur Kota.

Elsina menambahkan, sementara ini sedang dilakukan penanganan untuk pembuatan bronjong yang berfungsi sebagai landasan rangka bailey.

"Sementara penanganan untuk pembuatan bronjong. Pemasangan bronjong itu untuk landasan rangka bailey," ungkap Elsina Malindir.

Ditanya soal tindaklanjut pemasangan rangka bailey, dia mengaku, kegiatan tersebut akan dilakukan setelah tahap pemasangan bronjong.

"Setelah pemasangan bronjong, karena itu untuk landasan atau perletakan mau taruh bailey. Mudah-mudahan cuaca baik biar pekerjaan bronjong cepat selesai dan lanjut dengan pemasangan bailey," akuinya. (*)

Pewarta : Azis Zubaedi