BERITABETA.COM, Namlea –  Pemerintah Kabupaten Buru hingg kini terus berupaya untuk menekan laju penyebaran Covid-19 di kabupaten berjuluk Bupolo itu.

Jubir Satgas Covid-19 Nani Rahim menjelaskan, jumlah kasus Covid-19 hingga  bulan November 2020 tercatat sebanyak 24 kasus, jumlah itu mulai berkurang dan hanya tersisa belasan pasien.

“Saat ini tercatat 18 orang yang terkonfirmasi positif. 3 orang diantarannya masih menjalani isolasi di RS Namlea. Dan 15 orang lainnya juga telah menjalani karantina mandiri,”kata Nani Rahim kepada beritabeta.com, Jumat (11/12/2020).

Menurutnya, rata-rata yang terkonfirmasi Covid-19 adalah mereka yang menunjukan gajala demam, batuk, hilang indra perasa/penciuman bahkan sesak nafas.

“Kita masih terus berupaya menekan laju penyebaran covid-19 melalui kegiatan skrining baik degan swab maupun rapid test, juga tracing kontak dan karantina.”ungkap Nani Rahim.

Saat ini Pemkab Buru juga sedang mempersiapkan pelaksanaan vaksinasi Covid yang akan dilaksanakan pada bulan Januari 2021.

Sementara untuk Bulan Desember 2020 ini,  ada 4 orang yang terkonfirmasi positif.

“Penyebaran Covid-19 ini sepertinya sudah sampai ke pelosok desa, hal ini terbukti dari beberapa kasus yang masuk di RS dengan gejala ringan sampai sedang. Di antaranya desa airbuaya, waetabi, waenibe, waekerta, wanakarta dan waekasar,”ungkap Nani.

Untuk jumlah total kasus covid-19 di Bulan November dan Desember sendiri sebanyak 153 orang. Sembuh sebanyak 132 orang. Meninggal 3 orang, dalam perawatan 18 orang.

“Kita akan terus berupaya melakukan langkah pencegahan Covid-19 dengan mematuhi 3M (mencuci tangan, menjaga jarak dan memakai masker),”tandasnya (BB-DUL)