BERITABETA.COM, Ambon — Bakal Calon (Balon) Bupati Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Abdul Malik Kastella mengaku optimis bisa memajukan SBT lima tahun kedepan jika terpilih menjadi bupati di daerah itu.

Kastella berujar, rasa optimisme ini didasarkan pada bekal pengalamannya selama menjadi birokrat di Kabupaten Tambrau, Provinsi Papua Barat dengan kondisi wilayah yang sangat menantang.

"Saya pikir pengalaman itu penting, tidak hanya kita cerita tapi saya adalah pelaku di sana. Membangun SBT itu bukan gampang, tapi bisa kita bangun. Papua itu jauh lebih sulit dengan kondisi wilayah yang memang sangat menantang. Kalau di SBT saya lihat tidak terlalu, tantangannya tidak sulit," ujar Abdul Malik Kastella kepada wartawan usai mengikuti Fit and Proper Test di Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Maluku, Jumat (28/6/2024).

Mantan Asisten Pembangunan, Perekonomian dan Kesra Kabupaten Tambrau itu mengungkapkan, untuk membangun kabupaten bertajuk 'Ita Wotu Nusa' itu, tantangan kedepan adalah mencari anggaran yang banyak dari Pemerintah Pusat (Pempus).

"Tantangan kita kedepan adalah bagaimana mencari uang sebanyaknya untuk kita membangun negeri, itu kuncinya," ungkapnya.

Dia membeberkan, di samping program lainnya, ibukota definitif kabupaten SBT yang terletak di dataran Hunimua menjadi salah satu fokus utamanya untuk dibangun.

Kakak kandung dari Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (PPW) Riau, Abdul Halil Kastella itu menegaskan, apapun resiko yang dihadapi, dia akan tetap berupaya jika diberi amanah oleh masyarakat SBT pada 27 November 2024 nanti.

"Salah satu yang beta (saya) fokuskan adalah ibukota Hunimua itu harus dibangun. Apapun resikonya, saya akan upayakan jika saya diberikan amanah oleh masyarakat SBT. Bagaimana anggarannya itu urusan nanti. Urusan pertama adalah urusan niat dulu baru anggaran urusan kedua," bebernya. (*)

Editor : Redaksi