BERITABETA.COM, Ambon – Satu lagi sosok calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Dapil Maluku resmi mendaftarkan diri ke KPU Provinsi Maluku pada, Kamis (11/5/2023).

Dia adalah Sitti Aminah Amahoru. Perempuan berkerudung ini menjadi calon Anggota DPD RI Dapil Maluku termuda, dari sejumlah nama yang mendaftarkan diri di KPU Maluku.

Lantas siapa sosok Sitti Aminah Amahoru?

Ichy sapaan akrab dari Sitti Amina Amahoru, saat ini baru berusia 35 tahun. Ia aktivis HMI asal Negeri Sepa, Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah.

Ichy merupakan jebolan Univeritas Khairudin Ternate ini. Ia besar dan aktif di HMI Cabang Ternate.   Pada tahun 2015, Ichy pernah tampil sebagai satu-satunya kandidat ketua Kohati mewakili perempuan-perempuan timur, khususnya Maluku.

Usai mendaftarkan diri sebagai calon Anggota DPD RI kepada wartawan Ichy mengaku optimis lolos sebagai Anggota DPD RI di Dapil Maluku pada Pemilu 2024 mendatang.

"Saya ucapkan terima kasih juga buat KPU Maluku  dan Bawaslu Maluku yang hari ini ikut mengawal proses pendaftaran dengan lancer. Saya sudah lolos, karena persyaratannya lengkap memenuhi syarat dukungan, juga semua dokumen yang saya ajukan lengkap,"kata Amahoru.

Ia mengaku, meskipun tadi ada sedikit kendala, tapi sudah lancar dan terpenuhi semua.