BERITABETA.COM – Namanya kini mulai dikenal luas. Farel Prayoga,  penyanyi cilik asal Banyuwangi, Jawa Timur, viral di media sosial, usai aksi menyanyikan lagu "Ojo Dibandingke" Denny Caknan.

Farel kian tenar setelah diundang memeriahkan peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI) di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, 17 Agustus 2022 lalu.

Farel sukses mengguncang Istana Merdeka dan membuat sejumlah pejabat asyik berjoget.

Beberapa pejabat yang larut dalam nyanyian Farel, antara lain Menhan Prabowo Subianto, KSAD Jenderal Dudung Abdurrachman, hingga Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Bukan saja itu, Presiden Joko Widodo pun turut berjoget, didampingi Ibu Negara Iriana yang menyaksikan penampilan dengan antusias.

Lantas, siapa Farel Prayoga?  Farel dulu kerap mengamen bersama ayah. Bahkan tiga bulan lalu masih mengamen di pasar-pasar dan kampung di daerahnya.

Ia anak ketiga dari empat bersaudara. Jauh sebelum penampilannya membawakan lagu "Ojo Dibandingke" viral, Farel kerap mengamen di wilayah Banyuwangi setiap pulang sekolah.

Tak sendiri, kegiatan mengamen sejak 2020 ini ia lakukan bersama sang ayah, Joko Suyoto. Selain menyalurkan hobi menyanyi, kegiatan mengamen dipilih Farel untuk mendapatkan uang saku tambahan.

Bukan hanya mengamen di jalan, Farel pun kerap diundang untuk bernyanyi di berbagai hajatan, seperti resepsi pernikahan.  Pasca tampil di Istana Merdeka, kini Farel banjir tawaran.

Dinas Pendidikan (Diknas) Banyuwangi bahkan meminta Aneka Safari yang merupakan manajemen yang mengontrak Farel  untuk memikirkan masa pertumbuhan Farel. Mereka berharap masa bermain Farel Prayoga tidak hilang seiring dengan banyaknya job saat ini.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi Suratno mengatakan, Farel dikontrak oleh Aneka Safari selama 5 tahun.

"Saya mendapatkan info 5 tahun bersama Aneka Safari," ujarnya kepada detikJatim, Senin (22/8/2022).

Suratno mengaku menghormati kontrak tersebut. Namun, pihaknya berharap kepada manajemen Aneka Safari untuk tidak memforsir penampilan Farel hingga dirinya tak bisa bermain selayaknya anak belia.

"Kalau nyanyi terus kan ya ndak bisa begitu. Farel berkewajiban belajar di jam sekolah dan bisa main juga," tambahnya  (*)

Editor : Redaksi