BERITABETA.COM, Masohi – Sejumlah majelis Ta’lim di Kota Masohi menggelar buka puasa bersama Penjabat (Pj) Bupati Maluku Tengah (Malteng) di Baeleo Soekarno Kota Masohi, Sabtu (23/3/2024).

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati Malteng Rakib Sahubawa mengatakan, puasa adalah ibadah yang memiliki makna mendalam bagi umat Islam.

Selain sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT, puasa juga mengajarkan nilai-nilai kesabaran, pengendalian diri, dan empati terhadap sesama.

 “Saat bulan Ramadhan tiba, momentum ini seharusnya menjadi peluang bagi kita untuk memperbaiki diri, memperdalam keimanan, dan meningkatkan kebersamaan serta kepedulian terhadap sesama,”kata Rakib Sahubawa.

Pj Bupati Malteng bersama Badan Amil Zakat (BAZNAS) Malteng juga menyerahkan paket bantuan kepada warga kurang mampu dan penghulu masjid.

“Terima kasih kepada Majelis Taklim Gabungan di Malteng atas buka puasa bersama ini. Kegiatan ini tidak hanya menjadi momen untuk memperdalam spiritualitas, tetapi juga sebagai wadah untuk memperkuat solidaritas dan kebersamaan,” ungkap Sahubawa.

Pj Bupati juga mengajak umat muslim di Malteng agar manfaatkan setiap kesempatan untuk berbuat kebaikan, berbagi dengan sesama, dan merawat keharmonisan di tengah-tengah masyarakat.

Ia ikut mendoakan semoga ibadah puasa ini diterima oleh Allah SWT, serta kegiatan ini memberikan manfaat yang besar bagi semua.

“Melalui kesempatan yang berharga ini, saya juga ingin menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh masyarakat di Malteng atas dukungan dan kerjasama yang telah diberikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam menjalankan Pemilu, proses demokrasi yang baru saja kita lalui berjalan aman dan lancar,”ungkap Bupati.

Lebih lanjut, Pj Bupati mengatakn Pemilu 2024 yang baru dilaksanakan adalah sebuah tonggak sejarah bagi bangsa dan daerah. Keberhasilan dan kelancaran pelaksanaannya tidak terlepas dari peran serta aktif dan tanggungjawab semua pihak sebagai warga negara yang demokratis.

Maka dari itu menurutnya semangat gotong royong dan semangat kebersamaan yang ditunjukkan dalam proses tersebut adalah cermin dari kebesaran hati dan jiwa kebangsaan yang dimiliki masyarakat.

“Mari jadikan momentum bulan Ramadhan ini sebagai peluang untuk merenungkan kembali nilai-nilai luhur kebersamaan, persaudaraan, dan gotong royong yang telah menghantarkan kita sampai pada titik ini,”pungkas Pj Bupati.

Ia mengajak masyarakat di Malteng untuk terus bergandengan tangan, saling mendukung, dan berupaya bersama untuk membangun Malteng yang lebih baik, lebih sejahtera, dan lebih berdaya melalui komitmen dan pengabdian tanpa batas (*)

Pewarta : Jubeda Sanaky