BERITABETA.COM, Masohi – Setelah secara estafet mengunjungi sejumlah kecematan dalam rangka safari Ramadhan, Penjabat Bupati Maluku Tengah (Malteng) Muhamat Marasabessy kini berkesempatan menggelar buka puasa bersama dengan para tokoh agama yang berlangsung di Pandopo Bupati, Kamis (6/4/2023).

Sejumlah  tokoh agama yang hadir masing-masing Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Malteng, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Malteng serta para tokoh agama dan masyarakat lainya di wilayah itu.

Dalam arahannya,  Pj Bupati mengaku terharu dapat buka puasa dengan para tokoh agama di daerah itu.

Ia mengaku, dari kegiatan buka puasa bersama dapat terwujud kebersamaan dalam bingkai ukhuwah Islamiyah untuk mewujudkan kerjasama lintas sektoral dalam melaksanakan pembangunan dibidang keagamaan,

“Mari kita jadikan kegiatan puasa bersama ini sebagai salah satu bentuk kegiatan ibadah yang dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan yang pada akhirnya nanti menjadi sebuah kompensasi berupa pahala akan kita dapatkan,”kata Pj Bupati saat buka puasa bersama.

Marasabessy juga berharap kegiatan ini benar-benar mampu memberikan manfaat serta dapat menjaga silaturahmi. Karena menurutnya, puasa ramadhan adalah salah satu ibadah yang paling penting dalam agama Islam.

Ibadah ini dilakukan selama bulan Ramadhan, bulan kesembilan dalam kalender Islam. Selama bulan ini, umat Islam diwajibkan untuk menahan diri dari segala bentuk perilaku yang dapat merusak kesucian hati dan perilaku yang dilarang oleh agama Islam.

“Tujuan utama dari ibadah puasa Ramadhan adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, menumbuhkan rasa taqwa, dan meningkatkan kesadaran spiritual. Selain itu, ibadah puasa ramadhan juga bertujuan mengajarkan rasa empati, menumbuhkan rasa kemandirian, menjaga kesehatan, meningkatkan solidaritas sosial serta meningkatkan kebersihan moral,”ungkap Pj Bupati.