BERITABETA.COM, MBD – Wilayah Kabupaten Maluku Barat Daya [MBD], Provinsi Maluku, merupakan salah satu daerah terdepan di Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI. Perlu pengamanan ekstra ketat. Sebab wilayah Kabupaten MBD ini berbatasan langsung dengan negara tetangga seperti Timor Leste.

Bertalian dengan ihwal tersebut, Kapolres Maluku Barat Daya AKBP Dwi Bachtiar Rivai bersama rombongan, melakukan patroli pengamanan di wilayah perbatasan negara Indonesia dan Timur Leste.

Dalam patrol ini, Kapolres MBD didampingi Kabag Ops Polres MBD, Camat Wetar Barat, Brigadir Satpolair Polda Maluku, Kapospol Wetar Barat. Langkah tersebut dilakukan oleh Kapolres MBD dan rombongan guna memastikan wilayah perbatasan Indonesia dan Timor Leste tetap aman.

Kapolres menjelaskan, wilayah hukum Polres MBD berciri kepulauan, yang memiliki 17 Kecamatan. Menurut Kapolres, lautan bukan menjadi pemisah, tetapi sebaliknya sebagai penghubung antara satu wilayah dan wilayah lain.

“Patroli ini sudah kami lakukan sejak 16 April 2022. Sebagai anggota Polri tentu kami harus siap di tempatkan di mana saja demi membela ibu pertiwi. Kami harus mampu menciptakan keamanan dan ketertiban," tegas AKBP Dwi Bachtiar Rivai kepada waratwan Selasa, (19/04/2022).

Mengingat MBD merupakan salah satu wilayah kepulauan, dia berharap, Pemerintah Pusat dapat memberikan bantuan berupa kapal atau armada laut untuk menunjang operasi pengamanan di wilayah perbatasan khususnya di Kabupaten MBD.

"Selaku Kapolres MBD saya mengharapkan pemerintah pusat dapat memberikan bantuan kapal atau armada laut yang lebih layak dalam mengarungi lautan di wilayah Kepulauan Kabupaten MBD," pinta Kapolres MBD.

Alasannya, armada laut sangat bermanfaat untuk menunjang ia dan jajarannya dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab pengamanan objek vital, beberapa pulau yang notabenenya merupakan wilayah kabupaten berjuluk Kalwedo tersebut.

"Bantuan armada laut dari Pempus itu akan menunjang tugas dan tanggung jawab kami dalam mengamankan objek vital di beberapa pulau di Kabupaten MBD," timpal dia.

Diketahui, Kapolres MBD dan rombongan berangkat dari Pelabuhan Lirang menuju Pulau Atauru, Timor Leste. Jarak dari Lirang ke Atauru sejauh 1 Mil. Tim patrol ini menggunakan Speedboat Kalwedo 02.

Di Pulau Atauru, Kapolres dan rombongan disambut oleh Komandan Pos Polisi Perairan Timor Leste, Abilio Barbosa. Mereka sempat melakukan pertemuan membicarakan mengenai batas wilayah, serta hubungan antara Negara Indonesia dan Timor Leste.

Selain itu, Kapolres dan Komandan Pos Polisi Perairan Timor Leste juga berbicara mengenai hubungan kekeluargaan, yang masih melekat seperti bahasa ibu atau bahasa tetun yang memiliki kemiripan satu sama lain.   (BB)

 

 Pewarta: Febby Sahupala