BERITABETA.COM, Ambon - Dua pelajar asal Sekolah Menengah Atas Negeri atau SMAN 16 Pulau Manipa, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Provinsi Maluku ini berhasil menyabet dua medali yaitu perak dan perunggu.

Prestasi ini ditorehkan oleh dua siswi tersebut pada ajang Kejuaraan Karate Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Cup II antar Gelanggang SMA/SMK/MA, Mahasiswa dan Umum 2021, yang dilaksanakan oleh Kampus Unpatti Ambon pada 19 - 21 November 2021.

Mereka adalah Manipa Rumakey, dan Ratih Nurul Aisya Pellu. Untuk Manipa Rumakey peraih medarli perak bertanding di Kelas Kumite Putri 53 kg. Sedangkan Ratih Nurul Aisya Pellu bertarung di Kelas Kumite 59 kg.

Kepala SMA Negeri Manipa Ne'ma Patty menjelaskan, secara kolektif pihaknya menerjunkan sebanyak 14 atlit notabene adalah siswa-siswi asal sekolah yang dipimpinnya tersebut untuk mengikuti turnamen yang digelar oleh kampus Unpayyi.

"Kami mengirimkan 14 siswa-siswi untuk ambil bagian dalam even itu. Ini pertama kali SMA Negeri Pulau Manipa tampil dalam kompetisi Karate," ungkap Ne’ma Patty kepada wartawan di Ambon, Jumat (26/11/2021).

Meski baru pertama kali tampil pada ajang Karate, Kepala SMA Negeri Pulau Manipa ini sangat berbangga dengan torehan prestasi yang diukir oleh peserta didiknya.

Dia mengaku raihan prestasi ini tentu menjadi spirit bagi siswa siswi SMA Pulau Manipa untuk meningkatan kemampuan di cabang olahraga Karate.

"Para siswa yang belum dapat mengukir prestasi hari ini, harus terus belajar dan berlatih menguasai teknik beladiri karate sehingga kedepan dapat tampil lebih baik,"harapnya.

Pengembangan Cabang Olahraga Karate di SMA Negeri Manipa, lanjutnya, baru dirintis pada 2021, sekaligus menjadi salah satu pendidikan esktrakurikuler.

Dia mengatakan, sebelum siswa-siswi ikut turnamen Karate di Kampus Unpatti, mereka memiliki agenda latihan dua kali dalam sepekan. Mereka diasuh oleh Karim Wear dan EJ Melsasali sebagai pelatih dan pendamping.

"Kami berharap kedepan anak-anak SMA Negeri Pulau Manipa akan tampil lebih baik dan dapat mengukir prestasi di kejuaran atau even yang berbeda," timpal Ne’ma Patty. (*)

 

Editor: Redaksi