BERITABETA.COM, Masohi - Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua, kembali melantik tiga Penjabat  Kepala Pemerintahan Negeri (Pj. KPN) di dua kecamatan yaitu Kecamatan Saparua Timur (Saptim) dan Kecamatan Telutih di Kantor Bupati Maluku Tengah, Senin (29/03/2021).

Para Penjabat yang dilantik tersebut adalah Camat Saptim, Halid Pattisahusiwa, S.Sos., sebagai Pj.KPN Administratif Mahu menggantikan Yustus Lawalata, Sekertaris Camat Saptim Marthinus Lekahena, S.Sos., sebagai Pj. KPN Ulath menggantikan Anrev Petra Jasso, S.STP., dan Adnan Lapelelo sebagai Pj.KPN Lahakaba, Kecamatan Telutih menggantikan Muhammad Nur Lapelelo.

Tuasikal dalam sambutannya, meminta para Penjabat KPN yang dilantik agar dalam menjalankan tugas berupa langkah kebijakan ataupun keputusan haruslah didasarkan pada ketentuan perundangan yang berlaku dan  benar-benar dilakukan dengan tulus dan niat baik untuk memajukan masyarakat dan negeri yang dipimpin.

“Mengingat masa jabatan Penjabat Kepala Pemerintah Negeri terbatas hanya 6 (enam) bulan maka yang harus menjadi perhatian penting saudara-saudara adalah bagaimana tugas saudara-saudara dalam mempersiapkan pelaksanaan pemilihan Kepala Pemerintah Negeri yang definitif, secara cepat dan lancar,”tandas Tuasikal.

Di samping itu, kata Abua, menyikapi tuntutan dan harapan masyarakat yang semakin keras disuarakan untuk mendapatkan pelayanan publik yang lebih baik lagi dari pemerintah, maka selaku Penjabat Kepala Pemerintahan Negeri harus memastikan penyelenggaraan pemerintahan negeri tetap berfungsi dan berjalan dengan semestinya, walaupun Negeri belum memiliki seorang Kepala Pemerintah Negeri yang definitif.

Bupati Tuasikal juga menegaskan, terkait pengelolaan keuangan negeri, para Penjabat KPN  selaku penanggungjawab pengelolaan keuangan agar dapat melakukan seluruh proses dan mekanisme pengelolaan keuangan negeri sesuai dengan ketentuan yang berlaku.  Terutama menghindari penyalahgunaan pengelolaan keuangan baik Dana Desa dan Alokasi Dana Desa.

“Saya terus berharap kita semua selaku komponen masyarakat di daerah ini untuk selalu bekerjasama, bahu membahu dan memantapkan ikatan kekeluargaan sebagai orang basudara serta terus mengembangkan semangat kebersamaan dalam pembangunan demi mewujudkan Maluku Tengah yang Lebih Maju, Sejahtera dan Berkeadilan dalam Semangat Hidup Orang Basudara,” tutur Tuasikal.

Bupati juga menyampaikan apresiasinya atas terlaksananya pelantikan tersebut, karena proses ini dinilai merupakan manifestasi tata kelola pemerintahan, khususnya menyangkut Pemerintahan Negeri yang ada di Kabupaten Maluku Tengah (BB-ES)