BERITABETA.COM, Bula — Panitia seleksi terbuka pengisian jabatan (Eselon I) Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Maluku, sejak 25 Juni hingga 30 Juni 2021 telah membuka pendaftaran seleksi. Terdapat lima pejabat teras telah mendaftarkan diri untuk merebut kursi “nona manis” itu.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) SBT, M. Nasir Rumata mengakui, lima pejabat lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten SBT telah mendaftarkan diri guna mengikuti seleksi calon sekda.

"Lima peserta yang sudah daftar adalah Plt. Sekda SBT Jafar Kwairumaratu, Kepala Bappeda Ansar Wattimena, Kadis Ketahanan Pangan Mirna Derlen, Hasanudin Kelian Kadis Pertanian, dan Saleh Sukunora Kadis PTSP," sebut Nasir Rumata kepada beritabeta.com di Bula, Kamis (01/07/2021).

Nasir mengatakan, hari ini akan diumumkan hasil seleksi administrasi dari lima calon sekda itu oleh Panitia Seleksi atau Pansel yang berkedudukan di Kota Ambon.

Pansel terdiri dari Sekda Provinsi Maluku Kasrul Selang, Wakil Rektor III Unpatti M. Jusuf Madubun, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Maluku Jasmono sebagai Sekretaris, dan Dr. Hendrik Salmon (anggota).

"Tadi, saya baru konfirmasi, persiapan untuk ditandatangani oleh pak ketua. Nanti setelah itu (ditandatangani), oleh ketua tim, baru kita umumkan siapa yang lolos administrasi atau memenuhi syarat untuk mengikuti seleksi pada tahap berikutnya,"jelasnya.

Nasir menuturkan, batas seleksi berakhir pada 3 Juli 2021. Setelah pengumuman hasil administrasi akan dilanjutkan dengan tes kesehatan.

Tahap berikutnya peserta mengikuti tes manejerial, kultural dan sosial yang dilakukan oleh tim asesor center dari Kementerian Dalam Negeri atau Kemendagri.

"Insha Allah besok (jumat), tes sudah harus dilaksanakan. Proses tes dilakukan secara online. Jadi pesertanya stand-by di Badan Diklat Provinsi Maluku di Kota Ambon. Asesornya dari Jakarta karena kondosi Covid-19," tutur Nasir. (BB-AZ)