BERITABETA.COM, Ambon – Organisasi Maluku Satu Hati menyatakan dukungannya untuk siap mengawal program Lumbung Ikan Nasional (LIN) yang kini dijejaki Pemerintah Pusat (Pempus) di Maluku.

Provinsi Maluku dinilai layak untuk dijadikan LIN, karena memiliki historis yang panjang dalam pembentukan dan penderian NKRI, sehingga potensi yang dimiki Maluku patut mendapat perhatian serius.

“Kami hadir karena merasa terpanggil untuk  memperjuangkan hak anak Maluku” kata Ketua Umum Maluku Satu Hati, Jems Talakua kepada wartawan di Ambon, Selasa (8/9/2020).

Ia mengatakan, organisasi  Maluku Satu Hati yang dipimpinnya ini muncul untuk menjembatani suara hati masyarakat sampai ke Pemerintahan Pusat dan tetap konsisten serta fokus dalam mengawal niat baik dari lubuk paling dalam dari isi hati Presiden Joko Widodo.

Ia menambahkan Maluku Satu Hati tetap mempertahankan nilai perjuangan jati dirinya di dalam Visi Misi organisasi, agar Maluku sebagai Lumbung Ikan National yang Tuhan sudah berkati bisa terlaksana

Dijelaskan, selama ini Maluku selalu diingat dengan kekerasan tidak ada anak Maluku yang tampil dan duduk di pemerintahan. Dan selama ini Maluku Satu Hati berjalan tanpa bantuan dari siappun, baik gubernur, bupati maupun Walikota.

Untuk mendukung Maluku sebagai LIN, saat ini Maluku Satu Hati sudah memasukan proposal pemberdayaan masyarakat pesisir di Maluku ke Menteri Kelautan dan Perikanan.

“Proposalnya  sudah ditandatangani langsung oleh Edy Prabowo pada saat kunjungan ke Kota Ambon,” kata dia.

Setelah mendapat persetujuan dari Menteri KKP, Maluku Satu Hati langsung turun ke lapangan untuk bertemu dengan masyarakat,  guna mengetahui apa yang terjadi di masyarakat, dan nantinya setelah kembali ke Jakarta akan melaporkan ke Menteri apa yang sudah didapatkan.

Ia menambahkan, Maluku Satu Hati  juga sudah turun ke Dusun Seri Kecamatan Nusaniwe, kota Ambon serta beberapa dusun di Kabupaten Seram Bagian Barat dalam kegiatan  yang dilakukan.

“Dari curhat masyarakat disana, mereka butuh dibimbing, dipimpin dan dididik agar LIN bisa berjalan dengan baik,” jelasnya (BB-YP)