BERITABETA.COM, Ambon – Menteri Agama Republik Indonesia (Menag RI) Yaqut Cholil Qoumas, direncanakan pada awal November 2021 ini akan bertandang ke Kota Ambon dan Tual, Provinsi Maluku. Beberapa agenda penting dan strategis akan dilaksanakan Menag saat berkunjung ke provinsi seribu pulau tersebut.

Hal ini disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Maluku, Jamaludin Bugis, dalam rapat terbatas bersama jajarannya di Gedung Kanwil Kemenag Provinsi Maluku, Tantui Kecamatan Sirimau Kota Ambon, pada Kamis (21/10/2021).

Rapat ini dipimpin Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemeneg Provinsi Maluku, M Yasir Rumadaul, turut dihadiri Pimpinan Eselon III-IV Kemenag Maluku, serta Pimpinan Satuan Kerja Madrasah di Kota Ambon.

Kakawnil menjelasakan, rencana kunjungan Menag di Maluku akan melaksanakan peletakan batu pertama pembanguanan Rumah Moderasi Beragama di Kota Ambon. Menag juga akan memberikan kualiah umum dengan tema Moderasi Beragama.

Termasuk melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan Masjid di Kampus IAIN Ambon, serta pelantikan pengurus GP Ansor Provinsi Maluku.

"Pak Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas untuk pertama kalinya akan mengunjungi Maluku pada wal November 2021. Kita siap untuk menjembatani seluruh agenda yang menjadi kewenangan kita saat kiunjungan pak Menag ke Maluku," kata Kakanwil Kemenag Maluku.

Terkait dengan kepastian kunjungan Menag ke Maluku, hal tersebut akan dikoordinasikannya dengan staf khusus Menag di Jakarta.

“Teknisnya ini akan kita sampaikan ke staf khusus Menag, dan akan dirilis agenda kunjungan pak Menag dengan istri Eny Yaqut Cholil, Penasihat DWP Kemenag RI ke daerah ini,”timpalnya. (BB-RED)