BERITABETA.COM, Bula — Pelaksana Tugas [Plt] Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia [BKPSDM] Kabupaten Seram Bagian Timur [SBT] M Nasir Rumata dilantik sebagai Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah [BPBD], Kabupaten SBT.

Selain menjabat sebagai Sekretaris, Rumata juga diberi tugas tambahan sebagai Plt Kepala BPBD SBT menggantikan Usman Keliobas yang baru mengakhiri masa tugas sebagai Aparatur Sipil Negara [ASN] pada Agustus 2022.

Hal tersebut ditandai dengan pelantikan dan pengambilan sumpah oleh Wakil Bupati [Wabup] SBT Idris Rumalutur yang digelar di Aula Pandopo Bupati, Rabu (7/8/2022).

Wabup SBT Idris Rumalutur dalam sambutannya mengatakan, pelantikan yang digelar hari ini sebagai upaya untuk dilakukan penyegaran birokrasi dilingkup Pemerintah Daerah [Pemda] SBT.

Idris mengaku, kedepannya pelantikan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah [OPD] akan terus dilakukan untuk merekrut orang-orang yang memiliki inovasi dan etos kerja dalam menjalankan roda pemerintahan.

"Pelantikan ini merupakan sebuah langkah dalam penyegaran birokrasi. Kedepannya akan dilaksanakan juga penyegaran dalam birokrasi untuk merekrut orang-orang yang memiliki Inovisi dalam rangka mengantisipasi keadaan kedepan," kata Idris Rumalutur.

Ketua Kwartir Cabang [Kwarcab] Pramuka SBT ini mengingatkan Plt Kepala BPBD yang baru dilantik agar melakukan perencanaan yang cukup matang untuk mengantisipasi bencana alam yang mungkin berpotensi terjadi pada waktu-waktu yang akan datang.

"Kepada bapak yang baru saja dilantik untuk menanggulangi bencana, perlu saya sampaikan bahwa setelah terjadi siklus bencana, akhir-akhir masalah geografis secara Nasional maupun Internasional, kedepan persoalan bencana ini sungguh luar biasa. Maka, perlu ada perencanaan yang cukup matang untuk mengantisipasi keadaan-keadaan tersebut," pintanya. (*)

Pewarta : Azis Zubaedi