BERITABETA.COM, Ambon – Merdeka itu tidak sekedar mengisi kemerdekaan. Tetapi ada tanggungjawab kolektif seluruh anak bangksa untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan.

Pernyataan ini disampaikan Hendrik Jauhari Oratmangun Tokoh Muda Maluku - Inisiator Maluku Poros Maritim Indonesia, kepada beritabeta.com merefleksi Hari Ulang Tahun RI ke-76, Selasa, (17/08/2021).

Ia menegaskan, seluruh warga negara Indonesia termasuk masyarakat Maluku butuh perhatian pemerintah pusat. Khusus aspek pembagian “kue kemerdekaan” sudah sepatutnya pempus berlaku adil.

“Amanat itu tentu ada pada pembukaan UUD 1945; melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial," ucap Hendrik.

Dari alinea tersebut, dia menyimpulkan beberapa tujuan nasional berdasarkan Pancasila. Yaitu; Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia. Memajukan kesejahteraan umum, Mencerdaskan kehidupan bangsa.

Kemudian ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

“Dalam konteks itu sebagai anak Maluku harapan saya, Pemerintah Pusat harus dapat melihat Maluku dalam konteks yang lebih strategis,” tandasnya.