BERITABETA.COM, Ambon – Ratusan karyawan dari perusahaan pertambangan tembaga katoda di Pulau Wetar - Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) menjalani kegiatan vaksinasi yang dilakukan pihak perusahaan.

PT. Batutua Kharisma Permai dan Batutua Tembaga Raya (BKP-BTR) yang mempekerjakan ratusan karyawan itu menargetkan penyuntikan vaksin dalam upaya pencegah penyebaran Covid-19 selama satu pekan, dimulai Jumat (16/7/2021) lalu.

Dino Musida, Bagian Komunikasi PT BKP-BTR kepada beritabeta.com, Sabtu malam  (17/7/2021) menjelaskan, jumlah karyawan akan mengikuiti program vaksinasi ini sekitar 800 orang.

“Kegiatan ini dilakukan oleh tim paramedis Klinik BKP-BTR bersama Rumah Sakit Siloam Kupang dan Puskesmas Lurang,” ungkap Dino.

Ia mengatakan, jenis vaksin yang digunakan adalah vaksin gotong royong yang disediakan oleh perusahaan induk BKP-BTR, Merdeka Copper Gold, yang bermerek Sinopharm.

“Merdeka memiliki seribu vaksin dan 800 diantaranya diperuntukan karyawan BKP-BTR,” katanya.

Menurutnya, kegiatan vaksinasi ini merupakan bagian dari peran serta PT BKP-BTR terhadap upaya pencegahan penyebaran Covid-19 yang sedang digencarkan oleh pemerintah pusat maupun daerah bersama berbagai elemen masyarakat di seluruh Indonesia.

“Vaksinasi yang bertujuan menyelematan masyarakat ini sejalan dengan pengutaman keselamatan (safety first) yang selama ini dijalankan BKP-BTR,” terangnya.

Selain vaksinasi, BKP-BTR pun telah mematuhi  peraturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dikeluarkan pemerintah pusat maupun Provinsi Maluku dan Kabupaten Maluku Barat Daya.

“Tentu saja penegakan Protokol Kesehatan dengan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menghindari kerumunan). Pada semua lini kegiatan operasi, serta kewajiban karyawan menjalani antigen swab test secara pekan (*)

Pewarta : Feby Sahupala