BERITABETA.COM, Bula — Sekretaris Daerah [Sekda] Kabupaten Seram Bagian Timur [SBT] Jafar Kwairumaratu melantik 6 pejabat administrator pada lingkup Pemerintah Kabupaten [Pemkab] SBT di Aula Pandopo Bupati SBT, Senin (1/8/2022).

Mereka masing-masing Abdul Kadir Lausiry Sekretaris Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga [Disdikbudpora] SBT, Abdul Rahman Damat Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah [Setda] SBT, Nasarudin Tianotak Camat Pulau Gorom, Abubakar Derlen Camat Gorom Timur, Rosida Pembantu Inspektur Wilayah IV dan Hartati Rahyamtel Kepala Tata Usaha [TU] RSU Pratama Goran Riun.

Pada kesempatan tersebut, Jafar Kwairumaratu yang baru dilantik menjadi Sekda SBT definitif oleh Bupati SBT Abdul Mikti Keliobas itu juga menyerahkan Surat Keputusan [SK] Pelaksana Tugas [Plt] Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa [PMD] kepada M. Bahrum Weulartafella.

Sekda SBT Jafar Kwairumaratu mengungkapkan, pelantikan yang dilakukan pihaknya pada hari ini merupakan langkah awal dalam melakukan penataan birokrasi di kabupaten bertajuk 'Ita Wotu Nusa' itu.

Apalagi, saat ini terjadi kekosongan jabatan pada sejumlah dinas maupun badan, sehingga dia memastikan dalam beberapa waktu kedepan, kegiatan pelantikan akan terus dilakukan.

"Ini langkah awal, makanya saya bilang tadi pasti kedepan kita lantik terus. Karena kita punya kekosongan jabatan cukup banyak, agar kita bisa mewujudkan visi-misi bupati dan wakil bupati tentang penataan birokrasi. Jadi pak Kaban BKD punya tugas yang paling berat, salah satunya ini [penataan birokrasi]," ungkap Jafar Kwairumaratu.

Mantan Kepala Dinas PMD ini juga menerangkan, selain pengisian jabatan, peningkatan Sumber Daya Manusia [SDM] juga menjadi penting, terutama diklat-diklat yang melekat pada Aparatur Sipil Negara [ASN], sehingga bisa memenuhi syarat untuk mengikuti jenjang eselon.

Ia membeberkan, banyak Plt pada eselon II b yang harus siap mengikuti lelang jabatan, namun banyak juga yang belum mengikuti Diklat Kepemimpinan [Diklatpim] III.

Untuk itu, dia meminta kepada Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah [BKD] SBT M. Nasir Rumata agar segera berkoordinasi dengan pihak balai diklat Provinsi untuk meminta dilakukan kegiatan Diklat khsusus di Kota Bula.

"Tapi kita harus siap diri bahwa saat dia maju ikut lelang itu sudah lengkap. Jadi bagaimana cara untuk bisa mereka ikut sebelum lelang, pendekatan dengan diklat provinsi, tawar mereka untuk kegiatannya di Bula untuk mempermudah," terangnya.

Mantan Kepala Inspektorat SBT ini meminta kepada mereka yang baru dilantik hari ini agar dalam menjalankan tugas yang diemban harus menjalin koordinasi secara baik dengan semua pihak.

"Sauadara-saudara dalam bekerja dalam jabatan yang baru, sudah tentu yang paling utama adalah koordinasi. Karena koordinasi sangat penting sekali, masalah apa saja, koordinasikan," pintanya.

Dalam kesempatan tersebut, dia juga mengajak kepada semua jajaran ASN di lingkup Pemda SBT untuk lebih giat menjalankan tugas, menegakkan disiplin dan bekerja secara baik:

"Apa yang saya sebutkan tadi, tingkatkan kapasitas kita, kapabilitas kita. Karena kualitas pribadi itu yang menjadi sebuah unggulan dalam menjalankan tugas kita yang akan berdampak pada peningkatan nilai-nilai  kehidupan kita sebagai seorang birokrat yang boleh dikatakan profesional," pungkasnya (*)

Pewarta : Azis Zubaedi