BERITABETA.COM, Bula — Bupati Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Abdul Mukti Keliobas resmi melantik dan melakukan pengambilan sumpah terhadap sebagian pejabat eselon II yang mengikuti lelang jabatan pejabat tinggi pratama pada lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) SBT pada Desember 2023 lalu.

Proses pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini dipusatkan di halaman Kantor Bupati SBT di jalan Padat Karya, Kota Bula, Kamis (22/8/2024).

Mereka yang dilantik itu yakni Abu Saleh Salampessy (Kadis PUPR), Ridwan Rumonin (Kadis PMD), M. Bahrum Weulartafela (Kepala BPBD), Husein Mony (Kadis Ketahanan Pangan), Basyar Rumalean (Staf Ahli Bupati), Ahmad Yasrah Mahatir Oei (Sekwan).

Jahdi Marasabessy (Kadis Perikanan), M. Lutfi Rumata (Kadis Koperasi), Ambo I. T. Wokanubun (Asisten I), Mohtar Rumadan (Kadis Nakertrans), Afifudin Rumakwai (Kadis Perumahan), Bakri Mony (Kaban Keuangan) dan Mega R. Wattimena (Kadis Lingkungan Hidup).

Bupati SBT, Abdul Mukti Keliobas dalam sambutannya menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat di kabupaten bertajuk 'Ita Wotu Nusa' itu karena proses pelantikan pejabat eselon II ini mengalami keterlambatan.

Keliobas mengungkapkan, proses pelantikan eselon II ini baru bisa dilaksanakan pada hari ini lantaran menunggu surat persetujuan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

"Saya menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat bahwa pelantikan ini terlambat dan baru dilaksanakan pada saat ini, karena menunggu persetujuan dari KASN. Beberapa bulan yang lalu persetujuan ini baru turun dan kita dapat melaksanakan pelantikan pada hari ini," ungkap Abdul Mukti Keliobas.

Ia menerangkan, pelantikan pejabat tinggi pratama yang dilakukan hari ini adalah hasil dari proses seleksi yang transparan dan akuntabel sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Pengangkatan ini melalui sebuah proses yang panjang," terangnya.

Bupati SBT dua periode ini mengaku, pelantikan hari ini hanya dilakukan terhadap 13 orang, sehingga dia meminta kepada mereka yang ikut dalam seleksi pejabat tinggi pratama yang belum dilantik agar tetap bersabar.

Dia berjanji, dalam waktu dekat ini akan kembali melakukan pelantikan susulan terhadap 8 orang lainnya agar bisa mengisi dinas dan badan yang ikut dilelang beberapa waktu lalu itu.

"Saya ingin sampaikan kepada yang lain yang belum dilantik, yang ikut serta dalam seleksi pejabat tinggi pratama Insya Allah tunggu dalam beberapa hari kedepan semua sudah harus selesai. Jadi yang lain sabar saja, bukan berarti bahwa yang 13 dilantik, yang lain tidak. Ini kita pertama dulu, nanti kita lihat mudah-mudahan satu dua hari kedepan sudah bisa diproses ulang untuk pelantikan," akuinya. (*)

Pewarta : Azis Zubaedi