BERITABETA.COM, Ambon – Di akhir masa tugasnya sebagai Uskup Administrator Apostolik Keuskupan Amboina, Mgr.Petrus Canisius Mandagi,MSC mentahbiskan enam imam baru dalam perayaan ekaristi yang berlangsung di Gereja Santo Fransiskus Xaverius Katedral Ambon, Sabtu (29/1/2022).

Keenam Imam baru tersebut yakni, Pastor Marius Sarkol MSC, Pastor Frangky Philipus Kelbulan, Pastor Fransisco Corsan Rahaded, Pastor Yohanis Elia Sugianto, Pastor Yoseph Martinus Masriat dan Pastor Yustinus F.Adriano Lerebulan,MSC.

Uskup Mandagi menyampaikan proviciat dan selamat kepada ke-enam Imam yang baru saja ditahbiskan. Diakuinya, ini merupakan kelompok terakhir yang ditahbiskan sebagai Imam di Gereja Katedral Keuskupan Amboina.

“Jadi, anda sangat bersejarah bagi saya, karena ini merupakan kelompok terakhir yang saya tahbiskan. Anda berkorban, maka pengorbanan anda akan dibalas,”ungkap Uskup Mandagi yang juga menjabat sebagai Uskup Agung Merauke ini.

Sementara itu, Gubernur Maluku Murad Ismail dalam sambutannya mengatakan, dengan penthabisan ini para Imam merupakan pelaku sejarah dalam gereja, dalam masyarakat juga bagi bangsa dan negara.

“Semoga penthabisan Imam baru ini akan menjadi momentum strategis dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan gereja Katolik pada wilayah Keuskupan Amboina,”harapnya.

Dirinya sangat yakin para Imam yang ditahbiskan saat ini akan memainkan peran-peran penting dalam gereja maupun masyarakat untuk bersinergi dan berinteraksi dengan para pihak dalam membangun peradaban umat dan masyarakat di Maluku.

Pastor Frangky Philipus Kelbulan mewakili Imam yang baru ditahbiskan dalam sambutannya mengatakan, ini merupakan panggilan Tuhan untuk melayani.

“Dalam panggilan ini kami yakin Tuhan ada bersama-sama dengan kami untuk tetap berkarya dan melayani,”ungkap Pastor Kelbulan sembari menyampaikan terima kasih kepada Bapa Uskup, para Pastor, orang tua, keluarga, sahabat yang selalu memberikan dukungan, topangan doa dan harapan hingga proses penthabisan dihari ini.  

Anthonius Raharusun, mewakili orangtua para Imam baru mengatakan bahwa, hari ini hari bersejarah baik bagi keenam Imam baru, maupun bagi seluruh umat Katolik di wilayah Keuskupan Amboina.