BERITABETA.COM, Ambon – Pelaksanaan Musyawarah Cabang atau Muscab serentak Partai Demokrat pada 11 Kabupaten dan Kota se-Provinsi Maluku telah tuntas. Tapi, penentuan ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) terpilih untuk 11 Kabupaten dan Kota tersebut, harus mengikuti uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test.

Muscab serentak partai ‘si biru’ berlambang Bintang Mercy ini berlangsung sejak 22 Februari hingga Rabu, 23 Februari 2022. Hasilnya, 17 nama dinyatakan lolos verifikasi dan ditetapkan sebagai calon ketua DPC.

“Hasil Muscab serentak ada 17 nama calon ketua DPC untuk 11 kabupaten dan kota se-Maluku. Mereka sudah lolos verifikasi. Kami telah mengusulkan nama-namanya ke DPP di Jakarta,” kata Ketua DPD Partai Demokrat Maluku Elwen Roy Pattiasina kepada wartawan Rabu, (23/02/2022).

Roy menjelaskan, 17 calon ketua DPC ini akan mengikuti tahapan seleksi berikutnya berupa uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test.

Dia menuturkan, Muscab serentak tidak langsung memilih ketua DPC untuk 11 kabupaten dan kota di Maluku. forum tersebut, lanjutnya, mereka yang mencalonkan diri nama-namanya telah diverifikasi dan tetapkan sebagai calon ketua DPC.

“Nama-nama yang sudah lolos verifikasi pada Muscab serentak kita sudah usulkan ke DPP untuk ikut tahapan selanjutnya yaitu uji kelayakan dan kepatutan. Fit and proper tes ini akan dilakukan oleh tim lima,” timpalnya.

Tim tersebut, lanjut Roy, terdiri dari dirinya selaku Ketua DPD Partai Demokrat Maluku, Sekretaris DPD Demokrat Maluku, Lattif Lahane, Ketua Umum DPP Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Sekjen DPP Teuku Rifky Hasan, serta Kepala BPOKK Herman Khairun.

Dia mengungkapkan, para calon ketua DPC saat proses uji kelayakan dan kepatutan akan mempresentasikan visi dan misinya di hadapan tim lima.

Disini, kata Roy, para calon juga akan diuji oleh tim lima mengenai komitmen mereka terhadap partai Demokrat yang kini dalam besutan Agus Harimurti Yudhoyono.

Roy tidak mengelak, pada Muscab serentak terjadi dinamika, sehingga prosesnya berakhir pada Rabu dini hari kemarin.

“Dinamika itu terjadi karena calon ketua dari beberapa DPC ada yang lebih dari satu. Tapi itu hal biasa. Sebab, para calon ketua DPC semuanya memiliki semangat untuk membesarkan partai ini di Maluku,” kata Roy.

Ini 17 Calon Ketua DPC Demokrat se-Maluku;

Kota Ambon ada dua calon ketua yaitu; Femry Tuanakotta dan Elviana M. E. Pattiasina/M. Kabupaten Maluku Tengah; Thiemailattu Semuel, dan Djailani Tomagola.

Kota Tual; Hasyim Rahayaan dan M. Iqbal Matdoan. Kabupaten Maluku Tenggara; Marius Edo Rahail. Kabupaten Kepulauan Tanimbar; Balthasar Lalamafu, dan Denni Darling Refualu.

Kabupaten Kepulauan Aru; Josias Ubro. Kabupaten Maluku Barat Daya; Amstrong M. Loupatty, dan Geradus Victor Johansz. Kabupaten Buru; Erwin Tanaya.

Kabupaten Buru Selatan; Gerson E. Selsily. Kabupaten Seram Bagian Barat; Djuwadi, dan Marchel Maspaitela, dan Kabupaten Seram Bagian Timur; Abd Lattif Suindan.  (BB)

 

 

Editor : Redaksi