BERITABETA.COM, Bula — Kepala Pemerintah Kecamatan Teor, Indah Adhayaty Rumakway dan tiga penumpang longboat lainnya ditemukan selamat di Pulau Uran, Kecamatan Teor, Kabupaten Seram Bagian Timur [SBT], Kamis (24/3/2022).

Kapolres SBT AKBP Andre Sukendar saat dikonfirmasi beritabeta.com di Bula mengungkapkan, jumlah korban yang berhasil ditemukan selamat berjumlah lima orang.

Jumlah penumpang lima orang itu yakni Camat Teor Indah Adhayaty Rumakway, anggota Satpol PP SBT Idrus Retob, Staf Bappeda SBT Gusti Pattikupang dan Abdullah Kilkoda ditambah salah satu warga Kecamatan Teor Husein Keliobas yang selamat dari musibah sejak tadi malam.

"Sampai dengan saat ini, jumlah korban yang ditemukan selamat yakni lima orang," ungkap AKBP Andre Sukendar.

Andre membeberkan, informasi terkait kembali ditemukan lima orang penumpang lainnya di Pulau Bam, namun setelah dilakukan pengecekan, ternyata tidak ditemukan.

"Untuk informasi lima penumpang yang di Pulau Bam, kami menerima laporan sudah ada yang melakukan pengecekan disana, namun tidak ada," bebernya.

Dia juga menandaskan, sesuai informasi yang diperoleh dari lapangan maupun lewat personil di Kecamatan Teor, jumlah korban yang awalnya dilaporkan sebanyak 12 orang ternyata tidak benar.

Andre mengungkapkan, setelah dilakukan wawancara terhadap korban yang selamat yakni Husein Keliobas atau Ganti, ternyata korban berjumlah keseluruhan 13 orang, termasuk Samsia Rumodar yang merupakan bibi dari Camat Teor.

"Jumlah korban yang awalnya dilaporkan 12 orang, namun setelah dilakukan wawancara terhadap korban selamat ternyata korban berjumlah 13 orang yakni adanya tambahan saudari Samsia Rumodar," tandasnya.

Mantan Kapolres Maluku Tenggara Barat [MTB] itu berujar, masih ada sekitar delapan penumpang longboat yang tenggelam di perairan Teor itu yang belum ditemukan.

Ia menerangkan, sampai dengan saat ini upaya pencarian masih terus dilakukan dengan melibatkan semua pihak.

"Hasil koordinasi dengan Basarnas Tual, tadi tim sudah bertolak dari Kota Tual menuju lokasi, namun dalam perjalanan kondisi cuaca kurang memungkinkan sehingga kembali ke Dermaga Tual," terangnya.

Daftar nama 8 korban yang belum ditemukan sebagai berikut :

1. Rinto (Pegawai Inspektorat)

2. Ibrahim Kilwow (Pegawai Inspektorat)

3. Ismail Hatala (Pegawai Inspektorat)

4. Jafar Rumah Tiga (Pengemudi Longboat)

5. Saidah Keliobas

6. Hairudin (Usia 3 Tahun)

7. Samsia Rumodar (Bibi dari Camat Teor Indah Adhayaty Rumakuay )

8. Fajrin (Pegawai Bappeda) (*)

 

Pewarta : Azis Zubaedi