BERITABETA.COM, Jakarta – Sejumlah kasus korupsi kakap tengah ditangani oleh Kejaksaaan Agung (Kejagung). Olehnya itu Pakar Hukum Pidana dan Budayawan mengingatkan Jaksa Agung Prof Dr Sanitiar Burhanuddin, agar mewaspadai serangan balik dari para koruptor dan kaki tangannya.

pakar hukum pidana Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Dr Dwi Seno Wijanarko mengingatkan Jaksa Agung Prof Sanitiar Burhanuddin agar mewaspadai serangan balik dari para koruptor beserta kaki tangannya.

Menurut dia, gerakan koruptor dan kaki tangan mereka semakin masif di tengah prestasi Kejagung membongkar sejumlah kasus korupsi kakap.

“Serangan balik para koruptor, dapat dilihat dari gencarnya serangan terhadap institusi Kejaksaan Agung. Bahkan terhadap Jaksa Agung Burhanuddin secara pribadi, dalam beberapa waktu terakhir,”tutur Pakar Hukum Pidana Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Dr Dwi Seno Wijanarko, Kamis (04/11/2021).

Dia mengemukakan dengan prestasi luar biasa Kejagung di bawah kepemimpinan Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin yang berhasil mengungkap kasus-kasus korupsi kelas kakap memantik koruptor kalap alias marah.

“Mereka menyerang balik menggunakan berbagai cara, termasuk dengan menyebarkan berita bohong dan pembunuhan karakter Jaksa Agung,”timpalnya.

Dalam melakukan serangana balik, lanjut dia, para koruptor ini memanfaatkan kaki tangan atau kolaboratornya, mulai dari luar maupun internal penegak hukum. Tujuan mereka adalah menimbulkan ketidakpercayaan publik terhadap Kejagung.

“Target utama mereka itu adalah Jaksa Agung sebagai tokoh sentral di Kejagung. Harapan mereka, jika publik tidak percaya kepada Jaksa Agung, maka akan muncul ketidakpercayaan juga terhadap Kejaksaan yang kini menangani kasus mereka,” jelasnya.

Pendapat serupa juga dinyatakan oleh Budayawan dan Spiritualis Nusantara Kidung Tirto Suryo Kusumo.