BERITABETA.COM – Program naturalisasi pemain keturunan yang dijalankan PSSI bersama pelatih Shin Tae-yong kini terus mendapat perhatian publik dunia.

Tak tanggung-tanggung tercatat sejumlah pemain keturunan yang merumput di liga Eropa berhasil digaet PSSI pasca Timnas Indonesia dibesut pelatih asal Korea Selatan Shin Tae –yong.

Nama-nama populer seperti Sandy Walsh, Ivar Jenner, Rafael Struick, Justin Hubner, hingga Shayne Pattynama dan Jay Idzas menjadi program naturalisasi Timnas Indonesia yang terbilang sukses.

Selain itu, PSSI kini tengah berproses untuk merampungkan naturalisasai beberapa pemain lainnya seperti Maarten Paes, Thom Haye, Nathan Tjoe-A-On, Cyrus Margono, dan Ragnar Oratmangoen.

Belum tuntas proses naturalisasi lima pemain di atas, kini salah satu bintang muda dari Liga Belanda juga mengungkapkan kesediaannya untuk membela Timnas Indonesia jika ada tawaran naturalisasi oleh PSSI di masa depan.

Wonderkid potensial dari Eredivisie Liga Belanda ini terang-terangan mengatakan jika dirinya siap dinaturalisasi Timnas Indonesia.

Ia adalah Luca Everink. Pemain berposisi sebagai bek kanan dan saat ini bermain untuk salah satu klub legendaris Belanda yaitu Go Ahead Eagles, itu menyampaikan keinginannya di kanal YouTube Yussa Nugraha.

Walaupun baru menginjak usia 22 tahun, tapi pengalaman Luca Everink di kompetisi Eropa terbilang cukup banyak dan ia juga berasal dari didikan akademi sepak bola Belanda FC Twente.

Sejauh ini, Luca Everink belum sekalipun berkesempatan memperkuat Belanda, tetapi ia membuka peluang untuk membela Timnas Indonesia di waktu mendatang.

“Mungkin iya (main di Indonesia), karena aku juga ingin ke Indonesia,” kata Luca dikutip dari kanal YouTube Yussa Nugraha.

“Aku tentu ingin liburan kesana tapi mungkin juga bisa mencoba bermain, tinggal disana dan juga belajar lebih kultur Indonesia,” sambungnya.